Selasa, 26 Maret 2013

Inilah Pemeran Film Omar (Umar bin Khattab)


Omar bin Khattab, serial yang muncul menemani sahur di stasiun MNCTV. Berkisah tentang perjalanan hidup khalifah kedua Islam, Umar bin Khattab Al-Faruq. Dimulai dari masa jahiliyah hingga masa keemasan Islam. Terlepas dari kontroversi yang muncul, serial Omar bin Khattab ini telah membuka wawasan sejarah tentang awal mula Islam berkembang dari sudut pandang Umar. Bagi sobat yang suka nonton tanyangan khusus Ramadhan ini mungkin penasaran dengan aktor-aktor yang memerankan para Sahabat. Nah, pada postingan ini kita akan lihat siapa aktor yang memerankan para Sahabat pada serial kolosal Omar bin Khattab yang tayang di MNCTV.


Pemeran Omar bin Khattab:



Pemeran Khalifah kedua Islam pada serial Omar bin Khattab adalah Samer Ismail, seorang aktor mudah berkebangsaan Syria/Suriah


Pemeran Abu Bakar Ash-Shiddiq:



Khalifah pertama Islam setelah wafatnya Rasulullah SAW pada serial Omar bin Khattab diperankan oleh aktor asal Suriah, Ghassan Massoud.


Pemeran Ali bin Abi Thalib:



Khalifa ke-empat Islam dan juga sepupu sekaligus menantu Nabi Muhammad SAW pada serial Omar bin Khattab diperankan oleh Ghanem Alzerla, seorang aktor dari negeri Tunisia.


Pemeran Ustman bin Affan:



Khalifah ketiga Islam pengganti Khalifah Omar pada serial Omar bin Khattab diperankan oleh Tamer Arbeed.


Bilal bin Rabbah:


Seorang mantan budak milik Umayyah yang dibeli dan dimerdekakan oleh Abu bakak Ash-Shidiq dan dipercaya menjadi muazzin pertama dalam Islam. Pada serial Omar bin Khattab, tokoh Bilal diperankan oleh Faysal Amiri.


Hamzah bin Abdul Muthalib:


Paman Nabi Muhammad SAW yang syahid dalam perang uhud oleh tombak Habsyi (saat itu Habsyi masih kafir). Pada serial Omar bin Khattab, tokoh Hamzah diperankan oleh Mohamed Miftah.


Khalid bin Walid:


Sahabat yang diberi julukan "Saifullah" atau "Pedang Allah" oleh Nabi Muhammad SAW dan dipercaya menjadi panglima perang pada masa Khalifah Abu Bakar Ash-Siddiq. Pada serial Omar bin Khattab, tokoh Khalid diperankan oleh Mehyar Khaddour.


Abdullah bin Massoud:


Salah satu sahabat yang awal memeluk Islam. Julukan beliau "Shahibus Sirri Rasulullah” atau "Pemegang Rahasia Rasulullah". Pada serial Omar bin Khattab, tokoh Abdullah diperankah oleh Jaber Jokhadar.


Abu Jandal bin Suhail:


Salah satu Sahabat Rasulullah SAW. Beliau bersaudara dengan Abdullah bin Suhail yang juga Sahabat Rasulullah. Pada serial Omar bin Khattab, tokoh Abu Jandal diperankan oleh Majd Feda.


Amru bin Ash:


Seorang diplomat ulung yang sangat dipercaya oleh Bani Quraisy. Beliau masuk Islam sebelum peristiwa besar, Fathul Makkah. Pada serial Omar bin Khattab, tokoh Amru bin Ash ini diperankan oleh Qasim Mlho.


Abu Sufyan:


Sebelum masuk Islam, beliau adalah pimpinan tertinggi Bani Quraisy menggantikan Abu Jahal/Abu Hakam yang terbunuh saat perang Badar. Ia memeluk Islam sebelum Fathul Makkah. pada serial Omar bin Khattab, tokoh Abu Sufyan ini diperankan oleh Fathi Haddaoui.


Abu Hudzaifah bin Utbah:


Abu Hudzaifah bin Utbah, Beliau salah satu tokoh penting Quraisy yang paling awal masuk islam bersama anak angkatnya yang merupakan mantan budaknya bernama, Salim sang penghafal Al-Qur'an. Pada serial Omar bin Khattab, tokoh Abu Hudzaifah ini diperankan oleh Bahaa Tharwat.


Zaid bin Khattab:


Zaid bin Khattab adalah saudara dari Omar bin Khattab. Beliau lebih dulu memeluk Islam dari pada Omar. Beliau syahid saat ikut serta dalam perang Yammamah. Pada serial Omar bin Khattab, tokoh Zaid bin Khattab diperankan oleh Mahmoud Nasr.


Wahsyi bin Harb:


Wahsyi adalah mantan budak milik Hindun binti Utbah. Masuk Islam dengan beban psikologis yang sangat berat karena dengan tombaknya lah Hamzah, paman Rasulullah terbunuh pada perang Uhud. Ia menebus kesalahannya tersebut dengan membunuh Musailamah Al-Khazzab si nabi palsu dengan tombak yang sama. Pada serial Omar bin Khattab, tokoh Wahsyi ini diperankan oleh Ziad Touati.


Ikrimah bin Abu Jahal:


Anak dari penentang Islam paling besar, Abu Jahal. Walaupun sang ayah kafir, namun Ikrimah mendapatkan hidayah dan memeluk Islam hingga akhirnya syahid saat membela panji Islam melawan tentara Romawi Syiam pada perang Yarmuk. Pada serial Omar bin Khattab, tokoh Ikrimah ini diperankan oleh Hicham Bahloul.


Sajjah binti Harits:


Sajjah adalah nabi palsu dari kalangan wanita yang kemudian menikah dengan nabi palsu lainnya, Musailamah Al-Kazzab. Saat Muslimin berhasil menang pada perang Yammamah, Sajjah lari ke Iraq dan bertaubat dan kembali memeluk agama Islam. Pada serial Omar bin Khattab, tokoh Sajjah ini diperankan oleh Nadira Imran.

47 komentar:

  1. Assamaualaikum, wr wb...
    Salam Admin, Artikel yang bermanfaat...!!!
    Subhanallah, Umar Bin Khattab adalah khalifah ke 2 setelah abu bakar as siddiq. Beliau terkenal dengan ketegasannya, adil, jujur dan selalu menyanyagi rakyatnya, baik yang islam maupun yang nonislam. bahkan beliau juga sangat di takuti setan, subhanallah... kangen dengan kepemimpinan sosok pemimpin seperti
    Umar Bin Khattab...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam wr wb,

      Saya Syukuri Alhamdulillah jazakumullohu khoiro gan udah mampir dan udah memberikan komentar,semoga kisah ini dapat memberi manfaat positif buat kita semua,aamiin

      Hapus
    2. Aamiin, sangatt bermanfaat sekali untuk menambah wawasan dan kecintaan terhadap para sahabat nabi lainya

      Hapus
  2. seandainya negeri ini mempunyai pemimpin seperti umar , brtapa damainya negeri ini ...............

    BalasHapus
  3. Alhamdulillahi jaza kumullahukhoiroh. Terus posting info2 manfaat.
    Salam dr jamaah semarang timur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiinnn,

      Alhamdulillah jazakumullohu khoiro juga gan krn udah mampir dan udah memberikan komentar,semoga melalui kisah ini Allah paring manfaat positif buat kita semua,dan tetap aman selamat lancar dan barokah selalu,Aamiiin

      Hapus
  4. Film yang paling ku sukai dari film yang pernah aku tonton. Umar bin khatab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan walaupun film ini terbilang kontroversi krn menampakan para sahabat2 nabi...tapi kita ambil ceritanya aja gan..karna itu sangat menginpirasi dan sudah melalui pengkajian dari kisah2nya yang tertulis di alquran dan alhadist,insya Allah

      Hapus
  5. tersentuh hatiu ini merenungkan perjuangan Rasullah dan para sahabat2nya memperjuangkan agama Allah SWT. Subhanallah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga gan,paling enak nonton saat bulan ramadhan

      Hapus
  6. gemetar, merinding lalu meneteskan air mata,,, Allahu Akbar..

    http://yoesf.mywapblog.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiinnn,

      Alhamdulillah jazakumullohu khoiro juga gan krn udah mampir dan udah memberikan komentar,semoga melalui kisah ini Allah paring manfaat positif buat kita ,Aamiiin

      Hapus
  7. Saya salah satu orang yg sangat mengagumi Umar bin Khattab. Sampai hari ini saya masih kagum dgn beliau. Sangat kagum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah,

      Alhamdulillah jazakumullohu khoiro mba krn udah mampir dan udah memberikan komentar,semoga melalui kisah ini Allah paring manfaat positif buat kita semua,Aamiiin

      Hapus
  8. Allahuakbar...
    Filmnya sj sdh buat badan ini trasa tak ada arti,Innalillah..apa lg hidup pada masa itu...subhanallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jazakumullohu khoiro gan krn udah mampir dan udah memberikan komentar,semoga melalui kisah ini Allah paring manfaat positif buat kita semua,Aamiiin

      Hapus
    2. Semoga semakin kita melihat cerita kisah ini semakin kita deket rosululloh

      Hapus
  9. subhanallah,,,sdh seharusnyalah umat islam berkaca pd sejarah khalifah apabila ingin menjadi muslim yg sesungguhnya

    BalasHapus
  10. Jazakallah hu qairan . Semoga dengan ini banyak yg mengerti tentang sejarah para sahabat dan sahabat Rasulullah.

    BalasHapus
  11. aLHAMDULILLAH..akhirnya bisa lihat serial umar bin khattab di youtube
    Lebih mengenal sahabat2 mulia Rosulullah Sollallahu alaihi wasallam...abu bakar,umar,usman,ali
    Semoga suatu saat nanti indonesia mempunyai pemimpin2 seperti mereka aamiin

    BalasHapus
  12. Saya auka sekali sama film ini film ini berkisah biografi umar bin khattab semoga dilm ini bermanfaat amin...

    BalasHapus
  13. suka banget nonton filmnya,apalagi pas perang melawan nabi palsu MUSAILIMAH ,,bikin greget sampek baper...akhirnya islam memenangkan perang

    BalasHapus
  14. Ma Shaa Allah...
    Ma Shaa Allah...
    Ma Shaa Allah

    BalasHapus
  15. Alhamdulillahijazakumullohukhoiro...

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum, salam dari kami penonton serial Omar. Di BKT cakung

    BalasHapus
  17. Masya Allah, Omar bin Khatab merupakan film dokumenter Islami yang dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Tak pernah bosan saya menonton film ini dan air mata senantiasa mengalir mengingat perjuangan Rasulullah dan para sabatnya dalam menegakkan Islam. Semoga pahala dilimpahkan kepada penggagas film ini juga kepada para aktor dan aktris yang telah memainkan perannya dengan penuh penghayatan.

    BalasHapus
  18. MasyaAllah suka sekali dengan film ini sedih lihat perjuangan nabi dan para sahabatnya serta kaum muslimin pada masa itu

    BalasHapus
  19. MasysAllah suks skali dg film ini, sedih lht perjuangan nabi dan para sahabat, tak bosan" sdh 2 ramadhan dan sllalu menunggu u tayang

    BalasHapus
  20. Masya Allah ..sebuat karya kolosal yg sngat sangat luar biasa. Byk memberi manfaat, inspirasi, motifasi dll. Kagum dg film ini.. hebat karena mampu menghipnotis penontonnya serasa ikut berada pd zaman itu. Semoga dpt menjadi perantara hidayah agar kt dizaman jni lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  21. Allhamdulillah jazakumullahu khoiro penjelasan nya

    BalasHapus
  22. Ma Sya Allah...pantas saja mereka disebut sebagai generasi terbaik.
    Iman mereka,cinta mereka,pengorbanan mereka tdk akan pernah tertandingi oleh generasi kapan pun

    BalasHapus
  23. Subhanalloh.. Makasih admin atas infonya.. Melalui film ini aku jadi semakin paham akan sejarah islam yang sebenarnya.. Semoga kedepan kelak kita punya pemimpin seperti beliau2..

    BalasHapus
  24. Masyaallah, barakallah min sudah menulis artikel ini. Jujur saya pangling dengan para pemeran dari serial Omar ini hehe. Tapi sisi positif yang bisa saya ambil dari serial ini adalah saya dan kita semua sepatutnya lebih getol beribadah bercermin dari keteladanan Rasulullah dan para sahabat yang senantiasa tekun menegakkan ajaran agama Islam di tengah banyak cobaan dan gangguan dari kaum kafir pada masa dahulu. Jazakallahu khairan 🤲

    BalasHapus
  25. masyaAllah para khalifah islam bangga sekali apa lagi sama nabi muhammad saw kita...mudahan kita bisa berkumpul sama mereka nanti di syurganya Allah S.W.T. amiiin ya rabball ngalamin.......jazakumullahu khoiron

    BalasHapus
  26. Setelah nonton film ini jd merasa ga berarti banget jauuuh banget iman kt d banding sahabat rosul jaman dulu berani memperjuangkan islam sampei seperti itu....masyaallah...

    BalasHapus
  27. Saya senang sekali melihat flm umar bin khattab tapi andaikan bahasanya di ganti bhs indonesia pasti lebih banyak yg nonton. Apalagi banyak org tua yg tidak mampu membaca cepat arti bhs arabnya..sehingga malas nonton krn malas membaca

    BalasHapus
  28. Iki sing posting wonge dewe. Salam jm

    BalasHapus
  29. MASHA ALLAH TABARAKALLAH SY SNGT NGEFANS SM MEHYAR KHADDOUR SIGANTENG PEMERAN KHALID BIN WALID SY SLL TDK MAU KETINGGALAN FILM OMAR BINT KHATTAB INI... SNGT MENGINSPIRASI. MEREKA BERJUANG SEBEGITU BESARNYA HINGGA NYAWA TARUHANNYA. SDNGKAN KITA YG MNIKMATINYA, MSH BYK YG KURANG BERIMAN SEMOGA KITA BERKUMPUL KELAK DISANA DISYURGANYA ALLAH BERSAMA ROSULALLAH & PARA SAHÀBATNYA AAMIIN YA ALLAH 🤲🤲🤲

    BalasHapus
  30. Pemeran abdullah bin umar siapa blogger??

    BalasHapus
  31. Saya suka serial ini sklipun tayang ber ualang kali

    BalasHapus
  32. Subhanallah,.suka sekali dgn film ini,setiap x sahur di bulan Ramadhan,selalu ga mau ketinggalan.Khalifah Omar Bin Khattab,khalifah yg sgt saya kagumi,pemimpin yg jujur,yg adil,yg tegas,yg sayang kpd rakyat nya,sering menangis kl melihat Khalifah Omar takut dgn beban tanggung jwb yg Beliau pikul,tdk mampu Ia pertanggung jwb kan di hadapan Allah SWT.Subhanallah,.msh kah ada pemimpin sprti Beliau? Trimakasih Admin,untuk artikel nya,semoga kita mampu mengambil hikmah Iman dan Islam dr setiap perjuangan KhulafaurRasyidhin dan para sahabat2 Nabi Muhammad SAW.Aamiin Ya Allah

    BalasHapus
  33. Pemeran Abdullah bin Umar siapa sih ya Allah penasaran

    BalasHapus
  34. Karya yang sangat mengagumkan...masing - masing aktor memberikan Ruh yang begitu nyata...keren buat para aktor dan sutradara serta crew nya...semoga film nya bisa diputar lagi ya di tv Indonesia...

    BalasHapus
  35. Klo pemeran Fatimah bin Khattab siapa ya?

    BalasHapus